Senin, 15 Oktober 2012

Cara SEO Onpage Blogger Otomatis 2012

best_of_seo_tools.jpg (460×350)
Onpage adalah salah satu “Teknik SEO” untuk mendongkrak Traffic pengunjung kita dari Google. Nah, Ada 2 cara sih untuk meningkatkan SEO Google yaitu dengan On-page dan Of-page. Secara pengalaman Afridku. Kayaknya yg punya pengaruh paling besar dalam SEO adalah dari Ofpage hingga mencapai 80%. Sedangkan teknik onpage adalah 20%. Tapi walaupun kecil, Teknik SEO onpage jg punya pengaruh yg ikut andil dalam SEO s_sm_peace.gif (30×18)

Of-page kalau diartikan dalam Google adalah Teknik Mengoptimalkan website kita dari Cara Cara di Luar Pengoptimalan situs atau website kita. Para Master SEO bilang, Teknik Pengoptimalan website dengan mencari link link

Sedangkan On-Page adalah Pengoptimalan website kita melalui Pengoptimalan didalam website atau blog kita sendiri. Contohnya seperti membangun Link Builing didalam blog kita, density keyword, metatag, pengoptimalan robot.txt, pengoptimalan Sitemap dan masih banyak lagi.

60.gif (25×24)

Mungkin Google mengenal keluhan para pejuang blog ini yg ga ngerti sama sekali tentang SEO OnPage. Makanya Google dengan senang hati membuat sebuah Layanan Terbaru Pengoptimalan SEO tanpa perlu anda melakukan edit Html secara manual dibagian Template Edit yg Sangat memusingkan bagi pemula.

Nah ini dia Fitur Layanan dari Google Terbaru : cekpms.gif (30×18)

Sebelumnya Fitur ini hanya khusus untuk Pengoptimalan SEO Onpage saja yah. jadi jika anda tertarik. Anda bisa login ke blogger, tuju ke halaman setelan – lalu anda klik Preferensi Penelusuran. Nanti anda akan menemui tulisan ini : Peringatan! Gunakan dengan hati hati. Penggunaan yang tidak tepat dari fitur tersebut dapat mengakibatkan blog anda diabaikan oleh mesin telusur.
Selamat anda sudah Sukses di SEO Onpage : sungkem.gif (100×50)

Nah, Langkah selanjutnya adalah atur dengan hati-hati Tag Meta-nya, Perayapannya, Robot.txt-nya yah. caranya seperti ini pada Gambar 
 

deskripsi-blog.jpg (539×150)

Langkah Pertama adalah Optimalkan Tag Meta, yaitu dengan Klik Edit di Tag Meta, Klik Ya, lalu anda bisa mengisi isi dari Deskripsi blog atau website anda. Cara ini adalah suatu cara Terbaik dan Termudah yg diberikan Google. dulu orang berpikir ngelakuin Tag Meta sangat sulit dan mustahil bisa dilakuin otomatis di Blogger, anda pun dituntun untuk harus mengetahui kode kode HTML yg rumit itu. Tapi, nyatanya sekarang adalah hal ini sekarang gampang dilakuin. Keren deh Google “-“

Oh yah nih, cara Tag Meta diatas adalah cara Otomatis keseluruhan halaman blog atau website. Google sebagai Perusahaan yg Hebat juga sebenarnya udah menyiapkan suatu layanan khusus lagi Tag Meta yg lain dari yg diatas. Tag Meta yg ini adalah untuk Postingan.

Anda bisa menemuinnya di halaman anda menulis artikel. Layanan ini bisa anda temuin disamping kanan yg ada tertulis di Deskripsi Penelusurannya. Deskripsi ini tulisan aja Deskripsi yg ada di artikel anda yah.

Ini Contoh Gambarnya : minumbir.gif (64×32)
deskripsi-post.jpg (276×256)

Pengalihan Khusus (Redirect)
Untuk yg ini adalah untuk SEO anda dalam mengalihkan Postingan anda yg udah usang. Menurut kang rohman sih untuk kayak gitu. Contohnya kayak gini : misalnya anda punya artikel yg sama, tapi artikel yg dulu udah ketinggalan zaman. Lebih baik ga usah dihapus katanya, Jadi kalau artikel anda dihapus nanti bisa menurunkan SEO blog anda dan bisa menghasilkan Galat 404 di Google  Websmaster.

Jadi, Pesan Google dilayanan ini adalah Alihkan saja (Redirect). Contohnya seperti ini.
redirect-301.jpg (588×191)

Sayangnya, kalau menurut saya sendiri nih yah. Layanan Redirect ini kayaknya cocok buat mereka yg serius banget mengurusi blognya dan memperhatikan tiap artikel-nya. Nah kalau blog saya ini ele banget n jelek. Kalau ada artikel yg saya rasa udah jelek. Ya dibiarin aja jelek selamanya. Ga usah di redirect segala sih. He he…, tapi kalau buat anda yg pengen benar-benar serius dalam SEO. Redirect emang patut menjadi Layanan Utama SEO Onpage anda.

Robot.txt Khusus
blogger-robots-txt.jpg (562×189) 
 
Kalau anda udah bergabung di Google webmaster. Kayaknya layanan ini udah otomatis dibuat. Tapi kalau anda belum bergabung di Google Webmaster. Anda bisa mengisinya seperti milik sahabat saya kang rohman ini. Tujuan dari Robot.txt adalah untuk memperbolehkan Google menerawangi blog kita secara lebih detail.

Saran saya lebih baik dikosongkan saja, karena juga udah ada peringatan di google bahwa untuk mengisi Perayap dan Pengindeksan harus hati hati dan harus benar benar Master SEO aja deh yg ngelakuinnya.

Tag Header Robot Khusus
metatag-header.jpg (584×447) 
 
Tag Header Robot Khusus sama kayak diatas, mending dikosongkan aja. soalnya 2 layanan ini masuk dalam Peringatan Google untuk hati-hati di gunakan. Biarin aja default oleh Google. tapi kalau menurut kang rohman sih layanan ini justru mempermudah kita untuk melakukan noindex, nofollow pada arsip tertentu. Nah, kalau anda lihai dan mengerti SEO. Mungkin layanan ini mudah buat anda lakuin.

Nofollow Post Link dan Alt Title Image :
tautan-permalink.jpg (249×192)

Nah, selain cara diatas. Google juga menyempurnakan layanannya didalam area lain di Postingan artikel kita. anda bisa menemui layanan ini kalau anda mau memasang link atau gambar.

Contoh untuk yg gambar akan ada layanan Properties. Layanan ini berfungsi untuk membuat gambar anda lebih SEO Friendly dengan memasang kata kunci pada gambar tersebut agar lebih gampang google menelusurinya

nofollow-link.jpg (489×329)

Terus tu juga ada “NoFollow Post Link”. Dulu, banyak banget link broken yg banyak para webmaster lakuin tuk edit edit link secara manual. Sekarang sih udah ga lagi. Anda bisa memasang blog anda dengan link sahabat anda tanpa perlu takut lagi dengan mencentang link sahabat sebagai Add”rel=nofollow’attribute”. Fungsi centangan ini adalah mematikan Follow Link dan membuat Link dianggap sebagai Text biasa aja. jadi, kalau suatu saat linknya broken juga ga masalah kok. He he…,
Nah, terakhir adalah SITEMAP XMLbolakbalik.gif (100×20)

daftar-sitemap-xml-google.jpg (378×205)

Sitemap XML beda lho dengan Peta Situs (Sitemap bagi pengunjung (daftar isi). Sitemap xml adalah peta khusus untuk google.

Sekarang tuk ngelakuin Sitemap XML juga gampang banget. anda cukup menambahkan XML saja pada Google Webmaster ini. Nah, jika anda belum mengerti tentang penjelasan ini anda bisa bertanya menulis dikomentar bawah ini.

|| | Copyright 2012 By : Hacker Pakning | Design By : John Singai ||